THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 24 Maret 2009

  • SEX BEBAS

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan riset Internasional Synovate atas nama DKT Indonesia melakukan penelitian terhadap perilaku seksual remaja berusia 14-24 tahun. Penelitian dilakukan terhadap 450 remaja dari Medan, Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 64% remaja mengakui secara sadar melakukan hubungan seks pranikah dan telah melanggar nilai-nilai dan norma agama. Tetapi, kesadaran itu ternyata tidak mempengaruhi perbuatan dan prilaku seksual mereka. Alasan para remaja melakukan hubungan seksual tersebut adalah karena semua itu terjadi begitu saja tanpa direncanakan.

Hasil penelitian juga memaparkan para remaja tersebut tidak memiliki pengetahuan khusus serta komprehensif mengenai seks. Informasi tentang seks (65%) mereka dapatkan melalui teman, Film Porno (35%), sekolah (19%), dan orangtua (5%). Dari persentase ini dapat dilihat bahwa informasi dari teman lebih dominan dibandingkan orangtua dan guru, padahal teman sendiri tidak begitu mengerti dengan permasalahan seks ini, karena dia juga mentransformasi dari teman yang lainnya.

Data diatas tentu mencengangkan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Bebera faktor yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas dikalangan remaja yaitu: kurangnya agama dan iman. Faktor Lingkungan seperti orangtua, teman, tetangga dan media. Ketiga, Pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang berlebihan. Keempat, Perubahan Zaman.

Oleh karena itulah, orang tua disini mempunyai peran yang sangat penting, dengan memberikan pendidikan dan pemahaman seks yang tepat kepada anak-anak mereka. Walaupun sebenarnya masyarakat (orangtua) masih memandang tabu untuk memberikan pendidikan, pengarahan sex kepada anak. Padahal hal ini akan berakibat remaja mencari informasi dari luar yang belum tentu kebenaran akan hal sex tersebut dan bias-bisa menjerumuskan remaja kepada sex bebas.

Disini dibutuhkan kesadaran bersama, seluruh elemen bangsa terutama kepada remaja dan orangtua, akan bahaya sex bebas, yang menjurus dengan HIV/AIDS, pendekatan pendekatan penting, harus dilakukan darikacamata hokum positif ataupun agama. Jika tidak ingin generasi kita musnah, oleh HIV/AIDS yang nyata-nyata menghancurkan.

0 komentar: